Total Tayangan Halaman

Rabu, 31 Oktober 2012

"MINIM TAULADAN"

Kehidupan masyarakat indonesia saat ini sudah jauh dari budaya mereka sendiri bahkan mereka tidak tahu lagi apa yang mereka lakukan itu atas kehendak sendiri atau tidak, namun prilaku tersebut merupakan dampak dari lingkungan mereka dimana mereka melihat, belajar dan melaksanakan. diantara yang berperan dalam kehidupan mereka adalah dari lingkungan terdekat mereka yaitu orang tua mereka. dimana tindakan dan tingkah laku orang tua akan mereka tirukan dan merka praktekan dikehidupan mereka.banyak orang tua yang ingin anaknya berprilaku baik namun mereka tidak sadar yang sebenarnya prilaku baik dan buruk anak tergantung orang tua, bagaimana mereka mendidik sejak anak mereka lahir, perkataan dan perbuatan yang mereka lihat dan mereka dengarkan akan selalu terekam dalam pikiran mereka.seperti pepatah "Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya".

Untuk itu sebagai orang tua seharusnya mampu mengendalikan prilaku dan tindakan anak hal ini entang perkara ini, Allah azza wa jalla berfirman,
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu”. (At-Tahrim: 6)

Untuk itu -tidak bisa tidak-, seorang guru atau orang tua harus tahu apa saja yang harus diajarkan kepada seorang anak serta bagaimana metode yang telah dituntunkan oleh junjungan umat ini, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Beberapa tuntunan tersebut antara lain:
1. Menanamkan Tauhid dan Aqidah yang Benar kepada Anak
2. Mengajari Anak untuk Melaksanakan Ibadah
3. Mengajarkan Al-Quran, Hadits serta Doa dan Dzikir yang Ringan kepada Anak-anak
4. Mendidik Anak dengan Berbagai Adab dan Akhlaq yang Mulia
5. Melarang Anak dari Berbagai Perbuatan yang Diharamkan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar