Total Tayangan Halaman

Selasa, 23 Oktober 2012

Didikan Anak "U"

Pemerintah Indonesia telah menganggarkan biaya pendidikan tidak sedikit guna menunjang sarana dan prasarana pendidikan untuk mencerdaskan bangsa sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945. Tahun 2012 ini saja pemerintah menganggarkan biaya pendidikan sebesar Rp 286,6 triliun pada 2012. Prioritas utama penggunaan anggaran tersebut adalah untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan perbaikan sekolah rusak.

Penggunaan Anggaran tersebut diprioritaskan untuk memberikan BOS bagi 31,3 juta siswa setingkat sekolah dasar (SD) dan 13,4 juta siswa setingkat sekolah menengah pertama (SMP), serta menyediakan beasiswa bagi lebih dari delapan juta siswa miskin pada semua jenjang pendidikan. Sementara, di tingkat pendidikan tinggi, pemerintah memberikan beasiswa peningkatan prestasi akademik, bantuan belajar mahasiswa, dan beasiswa didik.dengan  misi yaitu bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dan bantuan biaya hidup kepada para mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai namun kurang mampu secara ekonomi.

Namun, seiring dengan perkembangan dunia pendidikan dana yang digelontorkan pemerintah belum dapat diserap sepenuhnya oleh masyarakat miskin. seperti daerah-daerah terpencil mereka masih menggunakan tempat pendidikan yang tidak layak huni, kekurangan sarana dan prasarana belajar, kenyamanan mereka terganggu karena selalu dalam keadaan was-was bila bangunan yang mereka tempati sewaktu-waktu rusak ataupun menimpa mereka. Untuk itu diharapkan kepada kepala sekolah untuk dapat mempublikasikan kondisi tempat yang menjada tanggung jawab mereka kepada pemerintah agar pemerintah dapat memilih dan memilah mana yang harus didahulukan.

Selain itu, penempatan SDM pengajar juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga mampu menghadapi perubahan dunia yang semakin dinamis. Banyak nya siswa yang lulus sekolah namun dengan kualitas yang tidak memadai akan mengakibatkan terjerumus kedalam keterbelakangan kehidupan. namun pendidikan tidak hanya dibebankan terhadap para pengajar tetapi peran serta orang tua dan lingkungan akan lebih menunjang pendidikan anak. oleh karena itu dipandang perlu meningkatkan koordinasi antara tenaga pendidik, orang tua dan lingkungan agar para anak didik lebih cerdas dalam menghadapi kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar